Tugas Peran Kempemimpinan |
- Pengertian kepemimpinan
- Kepemimpinan adalah pengaruh antara pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebaun, Weschler and Nassarik).
- Kepemimpianan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan ( Shared Goal, hemhiel & Coons).
- Kepemipinan adalahsuatu proses yang memengaruhi aktivitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch&Behling).
- Tugas dan peran pemimpin
- Sebagai pelaksana (Executive), Pemimpin tidak boleh memaksa kehendaknya dalam oraganisasi.
- Sebagai perencana ( Planer), Pemimpin yang baik harus pandaai membuat dan menyusun perencanaan yang baik.
- Sebagai seorang yang ahli ( Expert), Seorang pemimpin harus mempunyai keahlian, terutama keahlian yang berhubungan dengan tugas jabatan kepemimpinan yang dipegangnya.
- Mewakili kelompok dalam tindakannya keluar ( External group representative ), Seorang pemimpin harus menyadari baik buruknya tindakannya diluar kelompok mencerminkan baik buruk yang dipimpinnya.
- mengawasi hubungan antar Anggota (Controller of internal reletionship), Menjaga jangan sampai ada perselisihan dan selalu menjaga hubungan agar tetap harmonis.
- Bertindak sebagai wasit dan penengah (Arbirator and mediator), Menjaga jangan sampai ada perselisihan dan selalu menjaga hubungan anggota dengan baik.
- Merupakan lambang dari kelompok (Symbol of the Group), Baik dan buruknya organisasi tercermin pada dirinya karena dia adalah lembaga kelompok.
- Sebagai pencipta atau memiliki cita-cita (idiologis), Pemimpin harus mempunyai konsepsi, yang baik dan realistis.
Nah itulah Pengertian tugas dan peran dari seorang pemimpin, Jika ada yang meng COPAS artikel ini dimohon untuk mensertai alamat yang kalian copas artikelnya. Terima Kasih ^_^
Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Tugas Peran Seorang Pemimpin"
Post a Comment